(Dis)content : Judgement of the Six, Book 5

(Dis)content : Judgement of the Six, Book 5

IPS jelaskan teori Maslow’s hierarchy of needs?

jelaskan teori Maslow’s hierarchy of needs?

Jawaban:

Hierarchy of Needs atau Hierarki Kebutuhan Maslow adalah teori psikologi yang diperkenalkan oleh Abraham Maslow di tahun 1943 pada makalahnya yang berjudul “A Theory of Human Motivation” . Maslow menyatakan bahwa kebutuhan dan kepuasan seseorang itu jamak yang meliputi kebutuhan biologis dan psikologis.

Penjelasan:

Hierarchy of Needs atau Hierarki Kebutuhan Maslow adalah teori psikologi yang diperkenalkan oleh Abraham Maslow di tahun 1943 pada makalahnya yang berjudul “A Theory of Human Motivation” . Maslow menyatakan bahwa kebutuhan dan kepuasan seseorang itu jamak yang meliputi kebutuhan biologis dan psikologis.

5 tingkat yang terdapat pada Maslow's Hierarchy of Needs :

1. Kebutuhan Fisiologis

Tingkat pertama adalah kebutuhan fisiologis yang merupakan tingkat dasar atau kebutuhan dasar yang harus dipenuhi manusia seperti makanan, udara, waktu istirahat, pakaian untuk bertahan hidup . Jika dengan bisnis dan pemasaran, para pemasar di tingkat ini dapat memulai untuk 'menjual' hal yang dibutuhkan manusia dengan modifikasi yang diselaraskan dengan zaman dan model karena hal seperti makanan dan pakaian adalah dua hal terpenting yang tentunya sangat dibutuhkan oleh manusia.

2. Kebutuhan Keamanan

Tingkat kedua adalah kebutuhan rasa nyaman dan aman . Saat kebutuhan fisiologis sudah terpenuhi, akan muncul secara naluri manusia untuk ingin merasa aman dan mendapatkan perlindungan baik dari keamanan dalam pekerjaan, jaminan untuk kesehatan ataupun tunjangan di hari tua. Hal ini juga merupakan kebutuhan dasar yang tentu perlu dipenuhi manusia. Pemenuhan keinginan ini biasanya disalurkan dalam pembelian asuransi jiwa, tabungan berjangka, atau mungkin tempat tinggal yang nyaman dan aman.

3. Kebersamaan dan Cinta

Tingkat ketiga adalah kebutuhan sosial dan kasih sayang. Saat kebutuhan dasar telah cukup terpenuhi, manusia cenderung untuk memenuhi kebutuhan lainnya. Rasa ingin untuk bersosialisasi dan berkomunikasi dengan orang lain merupakan kebutuhan psikologi seperti koneksi, intimasi, kasih sayang antar teman dan keluarga yang bisa menjadi motivasi dan motivasi untuk seseorang dapat semangat dalam pekerjaan karena mereka merasa dikasihi dan dianggap 'ada' dalam lingkup sosial tersebut . Kebutuhan ini biasanya dipenuhi dengan cara bertamasya, rekreasi dengan keluarga, ikut dalam suatu komunitas dengan hobi yang sama, atau juga berada di dekat kerabat.

4. Kebutuhan Penghargaan

Kebutuhan akan penghargaan juga menjadi salah satu kebutuhan psikologi yang perlu dipenuhi setelah kebutuhan dasar, kebutuhan rasa aman, dan sudah dianggap 'ada' dalam lingkup sosial mereka. Dengan motivasi yang dalam hal pekerjaan dan mengejar 'target' yang ada, saat sudah di titik pencapaian orang juga memerlukan penghargaan akan kerja keras mereka. Perhatian, status, pengakuan, apresiasi merupakan hal sederhana yang dibutuhkan psikologi seseorang. Pada dasarnya untuk segala sesuatu yang telah dicapai, manusia pasti memerlukan penghargaan untuk rasa kepuasan tersendiri. Kebutuhan ini biasa ketika seseorang berhasiluntuk mendapatkan suatu perusahaan, misalnya memiliki jabatan tinggi, membeli rumah yang mewah, atau jam tangan mahal yang sekiranya dapat 'membayar' kerja keras mereka.

5 . Kebutuhan Aktualisasi Diri

Kebutuhan aktualisasi diri merupakan kebutuhan di tingkat tertinggi dalam diri manusia yang perlu dipenuhi. Pada dasarnya, manusia keinginan untuk diakui oleh orang lain, memiliki, atau setidaknya memiliki karya yang dilihat dari banyak orang. Salah satu pemenuhan kebutuhan ini, adalah ketika seseorang dapat dipanggil menjadi seorang pembicara, memenangkan penghargaan dalam sebuah kompetisi, ataupun memiliki riwayat dan nama baik di masyarakat. Kebutuhan ini dapat terpenuhi dengan cara pengembangan diri, menunjukkan dan menggunakan keahlian dan kelebihan keterampilan yang dimiliki. Dengan aktualisasi diri yang cenderung manusia cenderung menyukai hal-hal berdasarkan keahlian dan keterampilanyang dimiliki karena mereka merasa 'dibutuhkan' di ranah tersebut.

Semoga membantu jadikan terbaik dan follow yah

Teori hierarki Maslow adalah teori yang diretas oleh Abraham Maslow. Beliau beranggapan bahwa kebutuhan-kebutuhan di tingkat rendah harus terpenuhi atau paling tidak cukup terpenuhi terlebih dahulu sebelum kebutuhan-kebutuhan di tingkat semakin tinggi diproduksi menjadi hal yang memotivasi.

Semoga membantu….?!!! [answer.2.content]